Minggu, 06 November 2011

Apakah Naturalisasi itu? Apa syarat dan ketentuannya?

Apakah Naturalisasi itu? Apa syarat dan ketentuannya?

Naturalisasi pemain seperti sedang menjadi tren di kancah sepak bola Internasional. Dengan dalih mengumpulkan bakal pesepakbola lokal yang terserak di luar negeri, banyak negara menggunakan pemain keturunan sebagai amunisi mereka. Naturalisasi adalah “merekrut” pemain-pemain yang bisa membela timnas kita dengan memberikan status WNI pada mereka. Indonesia juga ikut serta mengadaptasi strategi ini. El Loco Gonzalez serta Irfan Bachdim adalah dua rekrutan naturalisasi pertama di negeri ini.
Apa sebenarnya syarat naturalisasi sehingga pemain tersebut bisa memperkuat negara itu? Berikut ini syarat naturalisasi yang harus bisa dipenuhi oleh pemain tersebut sebelum memperkuat negara barunya.
  1. Syarat naturalisasi yang pertama adalah pemain bersangkutan sudah tinggal di negara yang berminat “merekrutnya”, tentu dalam kapasitas sebagai pemain. Masa tinggal tersebut memungkinkannya untuk mendapatkan kewarganegaraan di negara itu. Contoh naturalisasi pemain dengan tipe seperti ini adalah naturalisasi Christian Gonzales. El Loco telah tinggal lama di Indonesia bahkan memiliki istri orang asli Indonesia.
  2. Naturalisasi pemain dapat juga dilakukan dengan melacak garis keturunan dari pemain tersebut. Pemain tersebut bisa dinaturalisasi sepanjang memiliki darah Indonesia, bisa dari kakek/nenek atau ayah dan ibu. Pada kasus ini, syarat tinggal minimal diabaikan. Contoh kasus naturalisasi pemain seperti ini terlihat pada kasus naturalisasi Irfan Bachdim dan Kim Jeffrey Kurniawan. Ayah Irfan Bachdim merupakan warga negara Indonesia yang tinggal di Belanda dan beristrikan orang Belanda. Berdasarkan aturan garis keturunan, Irfan Bachdim bisa ditarik menjadi warga negara Indonesia tanpa harus tinggal lama di Indonesia.
  3. Pemain yang bersangkutan belum pernah memperkuat timnas sepakbola senior negara asalnya. Pemain di level junior masih bisa dinaturalisasi ke negara baru. Sebagai contoh, ada seorang pemain berdarah Indonesia yang bermain di Liga Serie A Italia. Pemain tersebut adalah Radja Nainggolan. Sayang sekali, Radja Nainggolan tidak akan pernah bermain untuk timnas Garuda. Menurut ketentuan Naturalisasi, Radha Nainggolan tidak bisa direkrut karena sudah pernah memperkuat timnas senior Belgia. Christian Gonzales dan Irfan Bachdim dapat direkrut ke timnas Merah Putih karena mereka berdua belum pernah membela timnas negara asal mereka di ajang resmi FIFA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar