Share it

Minggu, 06 November 2011

Manfaat Olahraga

Tanamkan Sikap Sportifitas Sejak Dini Pada Anak Dengan Olah Raga

Dalam berolah raga tentunya kita sering mendengar istilah sportif. Sportifitas dalam berolah raga sangat dijunjung tinggi. Sportifitas alangkah baiknya ditanamkan sejak dini sehingga sikap ini akan terbiasa dengan anak hingga dia besar. Sportifitas dalam berolah raga dapat berpengaruh pada keseharian anak. Sikap sportif adalah sikap untuk menjunjung tinggi kejujuran dalam berolah raga.
Apa yang bisa didapat oleh anak-anak dengan sikap sportif yang ditanamkan sejak dini? Banyak hal yang bisa didapat anak sehingga karakteristik anak dapat terbentuk. Yang pertama adalah anak-anak dapat belajar berkompetisi. Olah raga yang biasanya adalah berupa game. Dalam sebuah game akan ada yang menang dan yang kalah. Sehingga anak anda dapat belajar untuk mempersiapkan diri dengan baik saat akan menghadapi sebuah kompetisi.
Yang kedua adalah lapang dada menerima kekalahan. Dalam olah raga yang biasanya berupa permainan pastinya akan ada yang harus kalah. Anak-anak yang sering berolah raga pastinya pernah merasakan sebuah kekalahan. Dengan penanaman sportifitas sejak dini anak-anak akan belajar bagaimana menerima kekalahan mereka. Tanpa ada rasa dendam kepada musuh mereka.
Yang ketiga dan tak kalah pentingnya adalah kejujuran. Saat ini rasanya sulit menemukan orang jujur. Ini tercermin dari koruptor-koruptor yang berjamuran di Indonesia. dengan olah raga anak-anak akan belajar jujur baik dalam dunia kerja maupun dalam keseharian. Dengan menanamkan sikap sportifitas sejak dini anak akan terlatih untuk bersikap jujur. Kecurangan yang mungkin dilakukan oleh anak-anak bisa diminimalisir.
Cara menanamkan sifat sportif pada anak dengan olahraga yaitu dengan memberinya dukungan saat anak sedang bertanding olahraga. Dengan begitu anak akan bekerja lebih keras tanpa adanya pikiran untuk bermain curang. Apabila anak kita kalah kita tetap harus memuji dan memberinya semangat. Dengan demikian anak akan selalu melakukan pertandingan dengan baik tanpa kecurangan.
Sikap sportifitas akan mudah ditanamkan sejak usia dini. Karena anak-anak masih mudah untuk diberi tahu dan dilatih. Oleh karenyanya alangkah baiknya dengan olah raga para orang tua dapat mengajarkan sportifitas kepada anak-anaknya.

Anda Perokok? Berolahragalah!

Meskipun Anda telah mengetahui bahaya rokok bagi sehatan Anda, tentu sangat sulit bagi Anda untuk meninggalkan kebiasaan merokok yang telah Anda jalani. Padahal rokok dapat membuat Anda menderita penyakit berbahaya di dunia seperti paru-paru, jantung koroner, kanker, gangguan kehamilan dan janin, dan penyakit lainnya. Dengan merokok juga akan merusak hari tua Anda. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan merokok umur Anda akan berkurang sebanyak 13 tahun. Selain itu juga diketahui jantung koroner adalah pembunuh utama di Amerika.
Penelitian membuktikan bahwa olahraga berfungsi untuk menjaga kesehatan dan juga memiliki sumbangan yang sangat penting untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda ini. Seorang perokok yang melakukan olahraga dengan teratur memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi untuk berhenti merokok dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga secara teratur.
Salah satu alasan orang merokok adalah untuk menghilangkan stress akibat pekerjaan atau permasalahan hidup. Ternyata ada hal lain yang memiliki fungsi sama yaitu olahraga. Olahraga juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari keinginan untuk merokok. Selain dapat menghilangkan stress Anda, tentu olahraga dapat membuat tubuh Anda semakin sehat dan Anda terhindar dari penyakit.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perokok yang melakukan olahraga, akan menurunkan resiko terkena penyakit paru-paru. Paru-paru adalah organ yang paling pertama dirusak oleh rokok. Jika Anda ingin paru-paru Anda tetap sehat, umur Anda panjang, dan fisik Anda tetap kuat sampai hari tua Anda, lakukanlah olahraga dengan rutin.
Melakukan olahraga bagi perokok sama saja dengan orang bukan perokok. Namun permasalahannya seorang perokok akan lebih sering merasa lelah karena organ jantung dan paru-parunya tentu tidak sebaik orang yang bukan perokok. Bagi Anda perokok yang ingin berolahraga, jika Anda merasa penat, beristirahatlah sejenak. Lalu Anda dapat kembali melanjutkan kativitas olahraga Anda. Contoh olahraga bagi perokok adalah lari, renang, basket, dan lain-lain.
Jika Anda tergolong perokok yang sibuk, Anda juga dapat meluangkan waktu Anda di pagi hari dengan sejenak berolahraga. Cukup Anda sediakan saja waktu sekitar 15 menit setiap pagi untuk lari pagi atau senam di sekitar rumah Anda. Hal ini tentu cukup membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. Menjaga daya tahan tubuh tentu sangat penting agar Anda dapat beraktivitas dengan lancar.
Sekarang jika Anda ingin menjaga kesehatan, apalagi jika Anda perokok berat, segeralah melakukan olahraga secara rutin.


Tips Olahraga Bagi Mereka Yang Super Sibuk

Terkadang kesibukan di kantor membuat Anda melupakan olah raga yang sangat penting demi menjaga tubuh Anda dalam situasi tetap fit. Pasokan nutrisi saja ternyata tidak cukup untuk menjamin tubuh Anda agar tetap dalam keadaan sehat dan bugar. Semua itu harus diimbangi oleh olah raga yang cukup.
Untuk Anda yang tergolong orang sibuk seperti pebisnis, mahasiswa, profesional dan tidak memiliki banyak waktu untuk olah raga, berikut tips olah raga bagi Anda:
Sediakan waktu untuk berjalan, jika Anda memiliki sedikit waktu, cukup sisihkan waktu Anda sekitar 10-15 menit untuk berjalan setelah istirahat makan siang. Anda dapat berjalan keliling kantor atau sekedar mengunjungi teman Anda di divisi lain. Hal ini akan memberikan manfaat yang cukup berarti bagi Anda. Setidaknya Anda dapat sedikit merasakan kesegaran setelah bekerja dari pagi.
Lupakan gym, dibutuhkan waktu dan uang lebih untuk berkunjung ke gym. Anda dapat menggantinya dengan olah raga pagi sekitar 15 menit di pekarangan rumah sebelum Anda bersiap untuk beraktivitas. Hal ini merupakan cara yang paling santai untuk melepas lelah setelah hari yang menegangkan kemarin, apalagi jika Anda bermukim di daerah dengan pemandangan yang Indah. Tentu hal ini dapat membuat Anda merasa lebih segar.
Jangan gunakan eskalator atau lift, jika kantor Anda dilengkapi oleh eskalator atau lift cobalah untuk tidak menggunakannya. Dengan menaiki tangga manual, diharapkan Anda dapat membakar kalori dalam tubuh Anda. Walaupun tidak sebaik olahraga di pagi hari, hal ini cukup membantu Anda yang tergolong orang sibuk.
Jika rumah Anda tidak terlalu jauh dari kantor cobalah untuk berjalan kaki atau bersepeda ketika berangkat ke kantor. Selain menghemat bahan bakar yang mahal, berjalan atau bersepeda adalah salah satu cara terbaik untuk membakar kalori dalam tubuh Anda.
Tips olah raga yang terakhir, manfaatkan alat-alat yang ada dalam kantor Anda. Di waktu luang Anda, gunakanlah buku tebal sebagai media angkat beban untuk melatih otot lengan Anda. Selain itu Anda juga dapat melakukan push up atau sit up di lantai kantor Anda.


Manfaat Psikologis dari Berolahraga

Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya berolahraga. Olahraga dapat memberikan Anda manfaat psikologis seperti energi positif, perasaan rileks dan mengurangi stres. Saat Anda melakukan olah raga tubuh Anda akan melepas hormon endhorpin yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan.
Olah raga juga dapat melancarkan peredaran darah menuju otak. Lakukanlah olah raga di pagi hari. Manfaat psikologis olah raga akan lebih terasa. Pagi hari adalah awal dari segala aktivitas. Anda dapat menghadapi hari dengan lebih rileks dengan mood yang bagus dan tubuh yang segar. Olahraga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri. Pipi Anda akan memerah dan tubuh Anda terlihat segar dan kuat.
Tubuh dan jiwa sehat dapat Anda miliki hanya dengan berolahraga. Anda dapat melepas stres dengan berolahraga. Saat stres Anda akan merasa tertekan, frustasi dengan emosi yang meluap-luap. Olahraga dapat membantu Anda dalam menyalurkan emosi Anda dan membuat Anda untuk berfikir positif.
Olah raga juga melatih otot dan saraf Anda agar dapat rileks dan tenang dalam menghadapi masalah. Jiwa yang sehat akan menghadapi masalah dengan santai dan kepala jernih. Olahraga membantu Anda dalam mengendalikan diri dan mengerahkan kekuatan Anda untuk melakukan sesuatu yang benar bukannya merusak diri Anda sendiri.
Saat Anda sedang tidak memiliki ide, merasa frustasi, dan lelah Anda dapat melakukan gerakan gerakan kecil, seperti menggerakkan kaki ke atas dan kebawah, menggerakkan tangan, menggelengkan kepala ke kiri dan ke kanan. Stretching ringan seperti ini dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan tenang.
Manfaat psikologis olah raga tidak hanya terasa saat Anda melakukan olahraga berat saja. Gerakan gerakan kecil dan ringan dapat membuat Anda merasakan efek psikologis dan hasil jiwa sehat dari olahraga. Jadi jangan ragu untuk melakukan olahraga, di sela-sela kegiatan bekerja atau menyediakan waktu khusus.
Sediakan waktu minimal tiga puluh menit sehari. Lakukanlah secara teratur minimal tiga kali dalam seminggu. Olah raga di pagi hari akan membuat Anda siap untuk mengahadapi hari, tantangan, dan mendapat jiwa sehat . Olahraga malam hari dapat membuat Anda rileks dan tidur lebih nyenyak. Olahraga malam hari disarankan yang ringan seperti push up. Manfaat psikologisnya akan menyertai Anda selama berhari hari. Jiwa sehat akan selalu berada pada fisik yang sehat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar